Iklan

Habib Zainon (112 Th.): Habib Bugak adalah…


Apa kata Said Zainal Abidin yang kami temui di Gampong Pante Peusangan? Berikut kutipan wawancaranya (wawancara berlangsung dalam bahasa Aceh):

Siapa Habib Bugak menurut Habib Zainon?
Habib Bugak adalah Habib Muhammad. Beliau berasal dari tanah Arab. Datang kemari tujuannya untuk berdagang.Lama kelamaan menetap di sini dan akhirnya menikahi seorang wanita. Juga di isini. Pernah suatu saat setelah menikah beliau kembali ke Arab untuk mewakafkan tanahnya di sana. Kemudian kembali lagi kemari.

Habib masih ingat dengan siapa Habib Muhammad menikah?
Habib Muhammad menikah dengan Cut Bungsu dan Cut Bunthok. Dari Cut Bungsu lahir Cut Syarifah Manyak, ibu saya. Cut Syarifah Manyak menikah dengan Habib Ali.Tapi Helmi (maksudnya: Hilmy Bakar)kemudian menulis bahwa Habib Bugak Al-‘Asyi itu adalah Habib Abdurrahman Monklayu. Padahal saat Habib Abdurrahman masih hidup beliau berharap seandainya kelak meninggal jenazahnya dapat disemayamkan di samping makam Habib Muhammad karena keduanya perantauan dari Arab.


Jadi tanah makam itu milik siapa?
Tanah itu milik Habib Muhammad yang dikhususkan penggunaanya untuk kuburan anak cucu beliau kelak.

Apa harapan Habib?
Dikamoe bahlagee nyo mantong. Menyo peng dari keunan rot hana payah keudeh. [Kami biar begini saja. Kalau uang dari itu (wakaf Habib Bugak) tidak usah]. Itukan sedekah jariah. Biarlah pahalanya terus mengalir kepada pewaqafnya.(mardani malemi/najib zakaria)
Reactions